Pages

Thursday, August 16, 2012

Pengertian Stress

Sebelum mengetahui cara mengatasi stress, ada baiknya kita memahami pengertian stress terlebih dahulu. Stres adalah reaksi psikologis dan fisik yang normal terhadap tuntutan kehidupan yang semakin meningkat. Stress sebenarnya tidak sepenuhnya buruk, ingat bahwa otak Anda telah terprogram dengan sistem alarm untuk melindungi. Ketika otak Anda merasakan ancaman, sinyal tubuh Anda melepaskan ledakan hormon yang berguna sebagai bahan bakar guna meningkatkan kapasitas Anda dalam memberi tanggapan.

Namanya fight-or-flight" respon. Hormon-hormon ini membangunkan tubuh untuk tindakan darurat. Detak jantung menjadi  lebih cepat, otot menegang, tekanan darah naik, nafas mempercepat, dan indra Anda menjadi lebih tajam. Perubahan fisik meningkatkan kekuatan dan stamina, mempercepat waktu reaksi, dan meningkatkan fokus Anda - mempersiapkan Anda untuk melawan atau melarikan diri dari bahaya. Respon stres adalah cara tubuh untuk melindungi Anda. Ketika bekerja seperti seharusnya, stress membantu Anda tetap fokus, energik, dan waspada. Dalam situasi darurat, stres dapat menyelamatkan hidup Anda - memberikan Anda kekuatan ekstra untuk membela diri, misalnya, atau memacu Anda menginjak pedal rem untuk menghindari kecelakaan. Respon stres juga membantu Anda bangkit untuk memenuhi tantangan. Stres adalah apa yang membuat Anda berkonsentrasi ketika mencoba melakukan lemparan pada suatu game, atau mendorong Anda untuk belajar sebelum ujian ketika Anda lebih suka menonton TV.

Setelah ancaman itu hilang, tubuh Anda dimaksudkan untuk kembali ke keadaan normal. Sayangnya, pada situasi stres yang tanpa henti, apalagi di kehidupan modern, hal ini berarti bahwa sistem alarm Anda terus menerus aktif. Dan pada beberapa kasus stress ekstrim, tidak kembali ke keadaan normal seperti seharusnya. Pada saat inilah terjadi stress kronik yang membawa dampak negatif.

Penyebab stress
Apa yang menyebabkan stres tergantung pada persepsi Anda. Sesuatu yang  membuat Anda stress, bisa jadi tidak mengganggu orang lain, atau sebaliknya. Misalnya, aktivitas di pagi hari Anda mungkin akan membuat Anda cemas dan tegang karena Anda khawatir bahwa lalu lintas akan membuat Anda terlambat. Namun, orang lain mungkin ada yang menanggapinya dengan santai karena macet memungkinkan lebih dari cukup waktu untuk menikmati dan mendengarkan musik saat mereka berkendara.
Berbagai peristiwa dan tuntutan lingkungan menyebabkan kita mengalami stres, termasuk: hal-hal yang rutin (seperti berurusan dengan sulit rekan kerja), peristiwa besar yang mengubah hidup kita (pernikahan, melahirkan, atau pekerjaan berubah), dan tanggung jawab berkelanjutan dan berjangka panjang (seperti dengan penyakit kronis, atau merawat anak atau anggota keluarga yang sakit). Meskipun menemui peristiwa yang sama, namun tiap orang akan mengalami peristiwa dengan cara yang unik. Artinya, beberapa orang lebih rentan menjadi stres daripada yang lain. Kerentanan terhadap stres tergantung pada berbagai faktor, termasuk susunan biologis Anda, Anda persepsi kemampuan Anda untuk mengatasi tantangan; karakteristik dari peristiwa stres seperti intensitas, waktu , dan durasi.

Ketika Anda terlalu sering menghadapi stres, dan Anda ternyata hanya sedikit memiliki kontrol untuk mengubah situasi, Anda berisiko mengalami stress kronis, yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda.Itu sebabnya manajemen stres menjadi begitu penting. Manajemen stres membantu mengatur ulang sistem alarm Anda. Tanpa manajemen stres, tubuh Anda terlalu sering waspada. Tingkat stres yang tinggi menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Jangan menunggu sampai stres berdampak negatif pada kesehatan Anda. Melalui blog ini kami akan membantu Anda untuk memahami tidak saja pengertian stress yang tadi sudah dijabarkan, tapi juga apa yang menjadi gejala stress, dampak stress pada fisik dan mental melalui terapan ilmu Psikologi. Anda juga bisa mulai berlatih berbagai teknik manajemen stres agar bisa lebih efektif dalam mengatasi stress ( bisa dibaca pada bagian Manajemen Stress). Selamat membaca

Artikel Mengenai Stress lainnya

No comments:

Post a Comment